0

Hai sahabat semua :D

masih semangat kan untuk kembali berkarya dan berkreasi :). sudah pasti tentunya. dan untuk kali ini FDC akan membahas tentang sesuatu yang simpel dan sederhana tentang coloring :D yang pastinya teman-teman semua langsung memahami materi :D .. sudah mulai penasaran ? .. yukk mari disimak :D

 

pertama buka aplikasi photoshop yang teman teman miliki dan untuk saat ini kami akan menggunakan aplikasi Photoshop cs6. pililh new.

1

 

teman teman pasti pernah memiliki sebuah karya yang sangat disukai lalu sangat takut untuk mewarnainya karena takut warnya tidak pas dan sesuai, maka teman-teman bisa men-sccan gambar yang teman-teman buat lalu  dengan aplikasi photoshop teman-teman dapat mudah mewarnainya tanpa takut salah bermain warna. klik open untuk membuka.

4

pilih karya yang telah discan dan klik open dan klik OK.

5

Langkah selanjutnya pilih icon paint bucket tool.

6

 

Lalu klik tulisan huruf H, maka akan terdapat warna pink, kenapa yang muncul warna pink ?karena pada set foreground color sudah terdapat warna pink, bagaimana cara mengganti warnanya ?

7

Dan warna pun berganti ketika kita menggeser panah putih lalu klik ok , warnai seluruh/setengah bagian karya dengan cara yang sama.

8

 

Setelah warna selesai kita bisa meletakan beberapa icon dan tulisan agar menambah menarik karya kita, contohnya dengan menambahkan icon pita.

9

 

Masukan cion pita dengan cara klik file lalu pilih open, pilih gambar pita yang kita inginkan lalu klik ok

 

 

10

 

Dalam pemilihan pita agar mempermudah hendaknya pita tidak memiliki baground belakang atau png. setelah itu tekan ctrl+c

11

Dan ctrl+v untuk mempaste gambar pita pada gambar hasil karya kita tersebut. Agar ukuran pita menjadi apa yang kita inginkan adalah dengan menekan ctrl+t

12

 

Maka akan muncul kotak di sekitar pita, pada sisi pita dapat di tarik kedalam maupun keluar untuk mengecilkan dan membesarkan ukuran pita.

15

 

Setelah pita di letakkan sesuai dengan apa yang kita inginkan maka klik tanda centang pada bagian kanan atas.

16

 

Setelah itu tambahkan tulisan dengan cara klik horizontal type tool (T) lalu pilih font yang kamu inginkan dan tulis sesuatu :D.

17

 

Setelah itu sesuaikan tulisan dengan kemiringan pita dengan cara, Ctrl+T dan akan terbentuk kotak yang mengelilingi tulisan.

18

Setelah itu arahkan kursor ke bagian siku sampai kursor berubah bentuk menjadi melengkung, dan putar tulisan.

20

 

Setelah tulisan telah mengikutii pita selanjtnya kita ingin menambahkan beberapa efek samar-samar pada karakter dodell dengan cara Pilih magic wand tool. Dan arahkan pada karakter

22

 

Lalu karakter yang dipilih akan dikelilingi oleh garis putus-putus. Lalu klik sponge tool.  Usapkan pada sisi pinggir atau beberapa bagian yang ingin dibuat terlihat samar (memiliki bayang)

23

Selanjutnya setelah bagian yang kita inginkan diberi efek samar-samar, maka untuk menghilangkan garis putus putus tersebut dengan klik select dan pilih deselect. begitu lakukan seterusnya sesuai dengan yang diinginkan.

24

Ttadaaa :D jadilah mewarnai dodlle yang kita buat sendiri dengan coloring sederhana :D

 

images-3

 

Terima kasih untuk teman teman semua telah menyimak dan selamat mempraktekan :D dan ini adalah materi terakhir untuk edisi Photoshop, karena besok akan ada materi dari corel :D hoorreey …. jangan sampai terlewatkan yah :D

 

 

images-4

 

 

0

Assalamualaikum antum semua :D

jumpa lagi dalam FDC #2 ( Fatiha Design Club ), yang dalam episode kali ini akan membahas tentang mewarnai dengan hue saturation, penasaran kan ?  :D wah pasti pada penasaran kan, mari kita mulai yuk …

langkah pertama buka aplikasi photoshop yang kalian miliki unutk kali ini kami akan menggunakan versi CS3.

1-buka-photoshop

 

 

lalu untuk  memasukan gambar klik file ->open .

2-klik-open

 

and next pilih gambar yang kamu miliki, karena hari ini kita akan mempelajari tentang mewarnai sketch ( sketsa ) jadi pilih gambar sketsa , lalu klik open untuk membuka.

3-pilih-gambar-yang-akan-diedit

 

selanjutnya klik kanan pada layer dan pilih duplicat layer.

4-klik-kanan-pada-layer-background-lalu-pilih-duplicate-layer

lalu pilih quick selection tool yang terdapat pada tools yang tersedia

5-pilih-quick-selection-tool

lalu pada bagian kiri terdapat beberapa tools gunakan tool brush dan pilih brush yang sesuai dengan keinginan kita dan atur besar kecinya sesuai dengan gambar

5-anda-bisa-atur-besar-kecilnya-brush-lalu-penambahan-atau-pengurangannya-sesuai-kebutuhan-anda

 

klik pada bagian yang akan di seleksi dan yang terjadi adalah bagian yang serkena quick selection akan mengikuti garis pada gambar sketsa yang ada.

6-arahkan-kursor-ke-area-yang-akan-diwarnai-ukuran-seleksi-bisa-diatur-di-kolom-atas-gambar

 

setelah gambar telah di seleksi  pada menu bar pilih image -> pilih adjusments -> klik hue/ saturation. atau dengan menggunakan tombol ctrl+u untu memanggil lebih cepat.

7-setelah-selesai-menyeleksi-gambar-lalu-pilih-image-adjustment-hue-saturation

 

selanjutnya akan muncul kotak dialog, dan beri tanda centang pada bagian colorize.

8-muncul-kotak-dialog-lalu-berikan-tanda-centang-di-kolom-colorize

 

selanjtnya atur skala hue saturation dan lightness sesuai yang diinginkan

9-atur-skala-hue-saturation-dan-lightness-sesuai-yang-diinginkan

 

ketika sudah mendapatkan warna yang sesuai dengan apa yang diinginkan, selanjutnya dalah menghilangkan garis putus-putus (seleksi) pada gambar dengan cara klik select pada pilihan menu dan pilih Deselect .

10-tekan-ok-pada-hue-saturation-lalu-pilih-menu-select-kemudian-deselect-untuk-menonaktifkan-seleksi-gambar

 

ulangi lagi proses pewarnaan dengan hue sampai semua bagian pada gambar sketsa telah terwarnai seluruhnya.

11-ulangi-step-5-hingga-10-sampai-gambar-seluruhnya-terwarnai

 

setelah semua telah di beri warna seperti ini

11

 

memang pada saat menggunakan quick selection tool harus menggunakan ketelatenan karena akan sulit jika kedua ujung gambar tidak menyatu atau terdapat garis yang terputus pada gambar.

12-hingga-akhirnya-seluruh-objek-sudah-diwarnai-memang-butuh-sedikit-ketelatenan-saat-menyeleksi-menggunakan-quick-selection-tool

 

untuk membuat hasil gambar terlihat lebih cerah dan terang tambahkanlah sebuah efek pencerah dengan cara, klik image-> pilih adjusments -> lalu pilih brightness/contras.

13-lalu-pilih-image-kemudian-klik-adjustment-lalu-pilih-brightness-dan-contrast

 

akan muncul kotak dialog, dan atur cahaya sesuai dengan yang kita inginkan

14-akan-muncul-kotak-dialog-lalu-atur-brightness-dan-contrast-sesuai-kebutuhan

 

setelah itu pada klik icon burn tool pada bagian samping

15-klik-icon-burn-tool

 

pada saat mengklik pada bagian atas terdapat beberapa pengaturan yang dapat di pakai untuk mengatur besar brush, mode yang digunakan dan ketebalan dari warna.16-atur-pengaturan-yang-ada-diatas-gambar

 

tombol burn dapat mengatur gelap terangnya warna pada gambar. dengan cara mengoleskan pada gambar dan terbentuklah gradasi warna.

21-tadaaaa-hasil

 

langkah selanjutnya adalah menduplicate gambar yang telah berwarna dengan cara klik kanan pada layer->pilih duplicate layer

18-klik-kanan-dan-pilih-duplicate-pada-layer-yang-sudah-diwarnai

 

untuk mendapatkan efek yang lain, dengan cara klik filter kemudian pilih artsistic, dan akan banyak sekali pilihin kita dapat menggunakan yang manapun yang disukai.

 

 

19-klik-filter-kemudian-pilih-artistic-lalu-pilih-effect-artistic-yang-kalian-suka

 

akan muncul beberapa pilihan menu dan kami akan mencoba menggunakan posterizon dengan pengaturan tertentu.

20-akan-terbuka-menu-baru-lalu-disini-kami-memilih-posterization-dengan-pengaturan-tertentu

 

 

setelah memilih lalu klik OK dan yang terjadi adalah

21-tadaaaa-hasil

 

ini adalah salah satu contoh yang telah mengalami efek hou saturation … :D selamat mecoba yah

cover

 

 

0

ASSALAMU’ALAIKUM J

Lama tidak berjumpa, semoga masih ingat semua kan dengan FDC …

Iyaps :D Fatiha Design  Club . dari kami penyelenggara meminta Maaf atas terjadinya keterlambatan terbit,  karena sesuatu dan lain hal L. Tetapi kali ini kami akan mencoba menampilkan sesuatu yang bakalan harus dicoba :D dan rugi banget kalau tidak dicoba .

Yuk unutk pertemuan kali ini membahas tentang “PHOTOSHOP”, buat teman-teman yang belum tau, potoshop adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. (www.wikipedia.com) ,jadi  fungsinya hampir sama dengan editor lainnya :D. let’s start guys .

“WOODENINLAY”

 

Pertama tama bukalah aplikasi Adobe photoshop CS 3 ( Yang saat ini kami gunakan).

Lalu klik file, dan pilih New

 

 

1

 

atur ukuran kertas sesuai dengan yang kamu inginkan, untuk kali ini kami akan menggunakan kertas ukuran 50×50 cm .

2

 

Apabila kertas siap, akan muncul tampilan sebagai berikut.

3

 

Selanjutnya adalah menyisipkan gambar, dengan cara klik file, lalu pilih OPEN

4

 

pilih gambar yang akan diedit, untuk tema kali ini kita akan menggunakan gambar kayu, jadi pilihlah 3 motif kayu dengan warna kayu yang berbeda-beda, dan diusahakan unutk memilih gambar yang bersesolusi tinggi, agar gambar terlihat jelas saat diedit. Lalu klik open.

5

 

Unutk menyeleksi semua bagian kayu klik ctrl+A lalu klik ctrl + C untuk menyeleksi dan mencopy  maka gambar akan berubah menjadi seperti berikut.

6-ctrl-a-dan-ctrl-c-seleksi-gambar

 

Pada bagian kanan terdpat beberapa aksen tools, salah satunya adalah layer, layer fungsinya seperti lembaran-lembaran kertas kerja pada photoshop, untuk mengubah nama pada layer dapat dengan cara mendobel klik tulisan layer dan ketik nama layer sesuai dengan kebutuhan. Dan untuk mempaste klik ctrl + v  Lakukanlah hal yang sama pada kedua gambar kayu lainnya, sehingga terdapat 3 gambar kayu pada layer.

8-lakukan-perintah-yang-sama-copy-paste-gambar-untuk-ketiga-file-lainnya

hilangkan icon mata pada dark and light background color di layer, sehingga yang terlihat hanyalah background yang terdapat tanda matanya saja. Cara menghilangkannya cukup klik gambar seperti mata.

9-hilangkan-icon-mata-pada-light-and-dark-agar-backround-wood-kembali-muncul

Selanjutnya tambahkan tulisan dengan menggunakan icon taks (T). tulis dengan font yang sekiranya ukuranya besar.

10-menulis-teks-dengan-menekan-icon-text

 

Setelah itu ubah warna font menjadi warna putih dengan cara, klik gambar T pada layer, lalu block tulisan, cara mengganti  warna dengan cara klik kotak hitam dan pilih warna putih.

11-ganti-warna-teks-menjadi-putih

lalu buatlah layer baru dengan cara bisa meng-klik icon seperti surat pada bgian bawah  layer.

12-create-new-layer

Untu mengaktifkan layer fat. Pilih magic wand tool. Klik icon berbentuk tongkat sihir.

13-aktifkan-layer-fat-pilih-magic-wand-tool

 

Arahkan magic wand pada huruf F, selanjutnya tekan tombol ctrl+ f

14-arahkan-magic-wand-ke-huruf-f-lalu-ctrl-f

 

Dan yang terjadi adalah huruf F menjadi layer baru . dengan cara ctrl paste

15-aktifkan-layer-1-dan-tekan-ctrl-paste-menjadi-layer-f

Lakukan hal yang sama dengan semua bagian huruf. Sehingga satu layer terdapat satu huruf .

16-lakukan-hal-yang-sama-untuk-semua-huruf-boleh-ubah-nama-sesuai-hurufnya-masing-masing

 

Block layer dengan cara menekal ctrl dan memilih layer yang akan diblock.

17-block-layer-cara-seperti-mengeblok-file

Ketika semua huruf di blok klik kanan dan pilih marge layer .  maka semua layer yang terblock akan menjadi satu

18-merger-layer-fatiha

 

Selanjutnya susun urutan layer seperti gambar di bawah ini .

19-susun-urutan-layer-menjadi-seperti-ini

Buatlah crate clipping mask pada dark wood. Dengan cara klik kanan lalu pilih crate clipping.

20-create-clipping-mask-pada-dark-wood

 

Setelah sudah akan muncul tanda panah kearah bawah pada dark wood, selanjutnya pindahkan light wood ke atas dark wood dengan cara, klik light wood lalu tarik ke atas.

21-pindah-urutan-layer-light-wood-keatas

Lalu lakukan hal sama seperti dark wood. Klik kanan lalu pilih create clipping mask.

22-klik-kanan-create-clippping-mask-objek

 

Lalu selanjutnya klik ctrl+ T .maka akan muncul seperti kotak dan arahkan ke bawah  menuju bawah tulisan

23-ctrl-t-dan-arahkan-gambar-ke-bawah-mengikuti-sudut-huruf

Dan hasilnya akan tampak dua warna berbeda

24-hasil-setelah-diturunkan

 

Selanjutnya duplicate layer light wood yang aktif dengan cara, klik kanan lalu pilih duplicate layer.

25-duplicate-layer-light-wood

 

Tekan ctrl + T dan pindahkan ke bagian atas tulisan sehingga terjadi beberapa perpaduan warna .

26-ctrl-t-dan-pindahkan-ia-keatas

Selanjutnya block semua layer layer tersebut.

27-block-layer

 

Dan buatlah menjadi satu dengan cara marger layer .

28-lakukan-merger

Lalu double klik pada layer dan pilih stroke

29-double-pada-layer-lalu-pilih-stroke

Masih pada layer style pilih drop shadow dan atur sesuai dengan apa yang kalian inginkan .

30-klik-dop-shadow-atur-sesuai-selera

And finish :D

31-hasil

Selamat mencoba yah J, dengan kreatifitas masing-masing hal yang sesimple ini bakalan bisa kalian ubah menjadi sesuatu yang WOW :D . semangat terus ikutin FDC dan tunggu tutorial berikutnya …<3

 

32-finish

0

cover depan Alhamdulillah akhirnya setelah melalui berbagai aral   mellintang, buletin Fatiha edisi ketiga ini bisa diluncurkan untuk menyambut Generasi Muda FE UNY 2016. Nah sebenarnya edisi kali ini lebih kami khususkan untuk para Mahasiswa baru. Mengapa? Karena disini kalian akan menjumpai paparan kisah transformasi ke dunia perkuliahan, apa aja yang perlu kalian siapkan dan ada tips-tips unik untuk menyongsong perubahan itu. Are You Ready for The Change, Guys! Don’t be Afraid! Lets Just Start It with BISMILLAH! Yuk Baca Selengkapnya

0

COVER2

Assalamu’alaikum! Setelah satu bulan berlalu, akhirnya buletin kedua ini berhasil diterbitkan di bulan Mei 2016. Berbeda dengan buletin sebelumnya, edisi kali ini mengusung tema yang mengobarkan semangat jiwa muda kita sebagai seorang Mahasiswa. Bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional dan DIES Natalis UNY ke-52, kami ingin merayakannya dengan mengajak para Mahasiswa merenungkan sumbangsihnya untuk negeri ini.  Ketika menilik sejarah kebangkitan Islam, kita bisa bayangkan seberapa besar usaha Muhammad Al-Fatih -seorang pemuda gagah berani- yang akhirnya mampu menaklukkan Konstatinopel? Sejak dulu telah terbukti bahwa Pemuda-pemudi memiliki andil penting dalam kemajuan suatu negeri. Di Indonesia sendiri telah ada sekelompok golongan Muda yang ikut serta bertindak dalam perjuangan Proklamasi NKRI. Saat ini kita juga telah sampai pada masa itu. Namun apa yang sudah kita berikan untuk agama, bangsa dan negara kita? Yuk Baca Selengkapnya!

0

COVER copy

Alhamdulillah walaupun telat banget uploadnya tapi Insyaallah tetap bermanfaat ya…

Here we go! Ini adalah buletin edisi pertama kami. Sebenarnya sudah terbit April lalu tapi baru sempat upload di Web hari ini hehe. Nah ceritanya di bulan April lalu, tepatnya tanggal 20 April diperingati sebagai Hari Konsumen di Indonesia. Ya memang tidak banyak orang yang tahu tentang hari tersebut. Oleh karena itu kami memutuskan untuk mengangkat tema Konsumtif vs Produktif di edisi kali ini. Mengapa? Karena sebagai Mahasiswa seyogyanya kita bisa menjadi konsumen yang lebih bijak. Dalam setiap akad jual beli, kita harus mempertimbangkan berapa biaya dan manfaat yang akan kita peroleh. Kita tidak boleh tergiur dengan maraknya trend, entah itu fashion, kuliner atau travelling  yang akan berujung menggelapkan hati kita dengan gemerlap keindahan dunia. Disisi lain, kita juga tidak bisa terus bertahan sebagai objek pasar global yang rela untuk dijejali produk-produk mereka. Kita juga harus bisa menciptakan inovasi untuk produk dalam negeri. Maka dari itu diperlukan sifat produktif pada diri kita. Nah lalu bagaimana pandangannya tentang Konsumtif dan Produktif ini menurut Islam? Penasaran? Yuk Baca disini!

0

12803243_808454345953684_7459276996785867160_n

Bismillah…

PROUDLY PRESENT AL-FATIH MASCOT 2016

Assalamualaikum! Hi, my name is AL

Al adalah seorang Mahasiswa berusia 19 tahun,
dia adalah tipe orang yang pekerja keras dan tidak suka merepotkan orang lain. Selain itu, IA juga senang bergaul dengan semua orang. Dia tidak pernah memilih teman dan akan selalu siap membantu ketika temannya sedang dalam kesulitan.

Hobinya adalah berolahraga, semua bidang olahraga ia geluti, namun yang menjadi favoritnya adalah olahraga memanah, karena ia ingin mengikuti sunnah Rasulullah .

Walaupun disibukkan dengan segala aktivitas kuliah dan organisasinya, setiap hari Al tetap menyempatkan waktu untuk membaca Al Qur’an dan medekatkan diri kepada Allah. Baginya Allah yang paling utama dibanding urusan duniawinya. Ada satu misi penting dalam hidupnya yaitu menyampaikan kebajikan. Walau terkadang hanya sebatas melalui hal-hal kecil namun itu merupakan bentuk kepeduliannya sebagai seorang muslim.

>>Bersambung

0

1610011_812869732178812_8753151601103490459_n“Alhamdulillah, hari ini sinar matahari tidak terhalangi awan. Assalamualaikum, perkenalkan saya Fatiha”

Fatiha adalah gadis berusia 19 tahun, dia adalah sosok gadis yang periang, selalu menebar senyuman kepada semua orang Sifat yang paling menonjol darinya adalah sifatnya yang ramah, dan suka menolong kepada orang yang membutuhkan.

Selain dikenal karena keramahannya, dia juga dikenal dengan sifat kutu bukunya. Dia sangat menyukai buku, semua jenis buku ia baca, dan dari situlah ia mencoba menyampaikan ilmu kepada sesama temannya.

Kegemarannya dalam hal membaca, perlahan mendorongnya untuk menyampaikan pemikiran melalui sebuah tulisan. Tak sembarang tulisan namun dari tulisannya itu ia berharap dapat menjadi inspirasi untuk orang yang membacanya. Begitulah cara ia berdakwah. Ya, dakwah di Jalan-Nya. Ia ingin menyampaikan kebaikan melalui karya yang ia punya.

0

Tulisan ini saya buat terispirasi oleh dosen mata kuliah Akuntansi Manajemen. Saya ingat sekali, di pertemuan minggu lalu kelas kami membahas mengenai cost-profit-volume analysis (CVP analysis).

CVP adalah rumus untuk Break Even Point (BEP). CVP menghubungkan antara biaya yang dikeluarkan, volume barang yang dijual, dan harga. CVP mempunyai berbagai rumus yang bisa digunakan untuk menghitung BEP dalam satuan unit produk ataupun dalam satuan mata uang. Layaknya rumus lain di bidang sosial, CVP punya beberapa asumsi yang digunakan untuk membatasi keadaan. Maklum saja, rumus adalah simplifikasi dari sebuah fenomena nyata yang jika ada intervensi dari perilaku manusia yang sulit ditebak dan dipastikan.  Karena itulah dibuat asumsi untuk mengontrol hasil dari rumus tersebut.

Dalam salah satu contoh soal yang dibahas di kelas, ada suatu asumsi jika biay iklan yang kita keluarkan bertambah, maka penjualan juga naik secara proporsional terhadap biaya iklan tersebut.

Jika dilihat di fenomena nyata, hal tersebut belum tentu terjadi seperti itu. Banyak faktor lain yang mempengaruhi penjualan suatu barang. Contoh, sebuah perusahaan telepon genggam mengeluarkan biaya iklan hingga milyaran rupiah. Tapi apakah penjualan juga akan naik sebanding dengan biaya iklan tersebut? Belum tentu. Sebanyak apapun iklan yang dikeluarkan oleh perusahaan, tetapi jika masyarakat tidak mempunyai sumberdaya untuk membelinya (baca:uang), atau jika masyarakat sudah merasa cukup dengan telepon genggam miliknya? atau selera masyarakat sudah berubah?

Dalam ilmu filsafat, ada beberapa aliran-aliran filsafat yang ga terlalu saya paham. Namun, ada dua aliran filsafat yang bisa dikaitkan dengan fenomena ini. Pertama, aliran positivistik. Kedua, aliran kritis.

Asumsi bahwa jika biaya iklan yang dikeluarkan naik, akan menaikkan penjualan adalah salah satu contoh dari paham positivistik. Sedangkan menurut paham kritis, belum tentu biaya iklan naik juga akan menaikkan penjualan.

Terlepas dari itu yang perlu kita pikirkan adalah, apakah jika amal ibadah yang kita lakukan bertambah akan otomatis memasukkan kita ke surga? Bagaimana jika amal kita ternyata tidak dilandasi dengan keikhlasan? Bagaimana jika ternyata kita banyak mendzalimi orang lain yang menyebabkan pahala-pahala kita hangus?

 

Mari sejenak muhasabah.

 

Tia